Call Center - Secara umum perkembangan call center didukung oleh
ketersedian jaringan telekomunikasi secara luas dan penggunaannya telah
mencapai 8 juta sambungan telepon tetap dan 25 juta sambungan telepon
bergerak (selular). Perkembangan Call Center ini tentunya membuka peluang bagi
perbankan untuk memanfaatkan jaringan tersebut bagi penyediaan interaksi
yang luas, murah dan cepat dengan pelayanan dan transaksi bisnis
tersentralisasi.
Ditinjau dari perspektif nasabah, "interaksi"
yang berkualitas harus ditunjukkan dengan kemudahan akses terhadap
sumber daya perusahaan, pelayanan yang cepat dan konsisten, fleksibel
dan mudah digunakan, memberikan tingkat kenyamanan, serta keamanan
transaksi yang tinggi. Dengan demikian, setiap interaksi yang dilakukan dengan Call Center merupakan pengalaman berharga dan memberikan nilai yang menguntungkan
bagi kepentingan finansial nasabah.
Sedang dari perspektif perusahaan, strategi
"interaksi" yang efektif dan efisien harus dapat menghasilkan keuntungan
yang sebanding dan ditranslasikan ke dalam biaya operasional yang
rendah, peningkatan kapasitas pelayanan, peningkatan penghasilan,
loyalitas nasabah dan loyalitas karyawan.
Strategi pemanfaatan call center bagi
bisnis perbankan ditujukan untuk memberikan percepatan pada
ketersediaan bank untuk menyediakan berbagai pelayanan serta menjangkau
potensial nasabah mereka secara luas. Model pengembangan call center
tersentralisasi meringankan beban bank dalam menyediakan jaringan
kantor cabang dan fasilitas transaksi 24 jam. Tetapi, semuanya harus
berjalan pada kerangka pengembangan berkelanjutan sebagai bagian dari
strategi pengembangan bisnis.
Diferensiasi pelayanan call center akan memberi kemudahan bagi nasabah dalam mengenali call center
suatu bank, sehingga memungkinkan nasabah mendapat solusi finansial
bagi pribadi dan bisnisnya. Ikatan antara nasabah dan Bank akan
terbentuk dari berbagai interaksi yang dilakukan call center, yang
berarti melakukan interaksi lebih sering dan berdampak pada penggunaan
solusi produk yang lebih tepat dantransaksi bernilai yang lebih sering.
Diferensiasi dapat dilakukan pada nomor telepon
akses yang unik dan mudah diingat, solusi pelayanan yang profesional,
proses pelayanan singkat dan cepat, metode promosi yang konsisten dan
berkesinambungan. Kesemuanya melahirkan nuasa baru bagi pelayanan
nasabah yang tak terlupakan dan menjadi “brand” tersendiri bagi call center untuk mengangkat citra bank yang profesional, mudah, cepat, aman dan nyaman.
Beralihnya nasabah melakukan transaksi
perbankan melalui telepon akan memberi kemudahan bagi Bank untuk
mengembangkan bisnis lebih cepat, meningkatkan kualitas kontrol
pelayanan, meningkatkan pendapatan Bank dengan proses pelayanan
tersentralisasi dan lebih murah.
Call Center - Peran penting Call Center untuk citra Bank
On Senin, 20 Januari 2014 Label: jaringan, Tips Dan Trik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar