Dalam menekuni dunia bisnis usaha kecil menengah, munculnya persaingan sudah menjadi hal yang lumrah dan tak bisa dielakkan lagi. Bahkan bisa dikatakan, munculnya resiko persaingan dalam berbisnis seperti halnya peribahasa “Ada gula ada semut’. Dimana ada peluang bisnis usaha kecil menengah yang manis (laku), bisa dipastikan bila semut-semut kompetitor akan datang mengerumuni untuk ikut menikmati peluang manis tersebut.
Untuk mengantisipasi gempuran persaingan pasar dari para kompetitor, tidak ada salahnya bila Anda mempersiapkan strategi pemasaran sedini mungkin untuk memenangkan persaingan yang ada di sekitar usaha kecil menengah Anda. Lalu, kira-kira strategi pemasaran seperti apa yang perlu Anda persiapkan untuk memenangkan persaingan pasar?
Berikut kami informasikan beberapa hal penting yang perlu dilakukan para pelaku usaha kecil menengah untuk meningkatkan daya saing bisnis Anda:
- Perhatikan karakteristik pasar
- Tingkat Industri
- Meningkatkan akses financial
- Meningkatkan kualitas produk
Meski jelang pasar bebas atau ASEAN Economic Community (AEC) ini persaingan bisnis usaha kecil menengah mulai terasa semakin sesak, namun kita harus tetap optimis untuk bisa meningkatkan daya saing UKM Indonesia menuju pasar global di tahun 2015.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar